Powered By Blogger

Halaman

Jumat, 29 April 2011

resensi novel bukan belahan jiwa

KENANGAN KECIL DARI SEBUAH PENANTIAN

Bahasa Indonesia
 Resensi Novel
Judul Novel : Bukan Belahan Jiwa
Penulis : D.Sudrajat
Penerbit : Gagas Media, Jakarta Selatan 2007
Tebal : 152 Halaman
Harga : Rp 22.000,000

Ada beberapa pesan yang disampaikan dalam novel ini,sperti bagaimana mewujudkan keinginan, selalu berfikir positif dan belajar dari kesalahan.tokoh
Kita bisa merasakan bagaimana rasanya menjalani sulitnya hidup, apalagi dengan usaha sendiri. Novel ini memang tidak terlalu fokus dengan pesan-pesan yang ingin disampaikannya,melainkan memaparkannya dalam contoh kehidupan kita dan menyiratkan sedikit maknanya. Secara tidak langsung kita dapat mengetahui makna disetiap jalan ceritanya.
Menurut saya alur dalam novel ini terkesan acak, atau kurang tertata dengan rapi. Sehingga kita sering terkecoh dengan suasana cerita pada novel tersebut.seperti pada awal cerita, yang biasanya digunakan untuk halaman pembuka atau yang isinya pengenalan tokoh (biodata diri tokoh)malah digunakan langsung kepada ceritakemudian baru diselingi dengan pengenalan-penganalan tokoh.menurut saya,sebaiknya halaman awal digunakan untuk pengenalan tokoh baru halaman sanjutnya mulai pada jalan ceritanya.
Cover untuk novel ini cukup menarik perhatian dan bahasa yang digunakaanya pun bervariasi. Di beberapa dialog digunakan kalimat berbahasa asing,seperti bahasa inggris.
Dari beberapa pembaca berpendapat pada novel ini,walaupun alurnya terkesan sedikit kurang rapi, tatapi disetiap babnya terdapat makna-makna kecil yang bias kita ambil. Seperti makna dari persahabatan. Novel ini dapat dibaca untuk semua kalangan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar