Powered By Blogger

Halaman

Senin, 02 Januari 2012

BAB 2 karya tulis

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Serai Dapur (Cymbopogon citratus)
Klasifikasi ilmiah :
Regnum : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Poales
Familia : Poaceae
Genus : Cymbopogon
Spesies : Cymbopogon citratus
Umum : Serai (Indonesia), Séréh (Sunda), Lemongrass (English), Citronnelle (French), Zitroneng ras (German), erba di limone (Italian), hierba de limon (Spanish), bhustrina, sera (Indian), takrai (Thai).
Cirri fisik serai dapur :
Tinggi : 50-100 cm
Daun : daun tunggal, bagian bawahnya agak kasar, tulang daun sejajar, panjang sampai 1 meter dengan lebar 1,5 cm.
Batang : tidak berkayu
Akar : serabut
Reproduksi : tunas (alami), pemisahan tunas (campur dengan manusia) sehingga sering terlihat tumbuh berumpun
Lokasi tumbuh : asli tumbuh di Asia Tenggara dan dikomersilkan di Sri Lanka, India, Myanmar dan Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh merata di seluruh Indonesia.
Keterangan : tumbuh dengan sempurna dibawah sinar matahari yang terik didaerah tropis.
Manfaat serai dapur :
1. Bumbu masak
2. Minyak wangi dan wewangian lain (lemon scent)
3. Bahan pencampur jamu
4. De Eropa digunakan sebagai bahan pembuat sabun dan lilin
serai mengandung senyawa berbentuk padat dan berbau khas. Minyak asiri yang merupakan prosuksi serai, terdiri dari berbagai senyawa. Salah satu senyawa yang dapat membunuh nyamuk adalah sitronela. Sitronela mempunyai sifat racun (desiscant), menurut cara kerjanya racun ini seperti racun kontak yang dapat memberikan kematian karena kehilangan cairan secara terus-menerus sehingga tubuh nyamuk kekurangan cairan.

2.2 Nyamuk Demam Berdarah
Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera: genera termasuk Anopheles, Cules, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culieseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang (antar spesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue, A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever) dan chikungunya. Penyebab jenis ini sangat luas, meliputi hampir semuadaerah tropis di seluruh dunia. Sebagai pembawa virus dengue, A. aegypti merupakan pembawa utama (primary vector) dan bersama Aedes albapictus menciptakan siklus persebaran dengue di desa dan kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar